Sambungan Mikrotik dan OS Host di Virtualbox


Nah, kali ini akan kita bahas beberapa konfigurasi dasar mikrotik yang akan digunakan sebagai dasar kita selanjutnya dalam bereksperimen jaringan dengan Virtual PC. Kali ini saya akan mencoba menghubungkan Mikrotik di Virtualbox dengan OS host komputer saya yaitu Windows Seven.
 

Pertama-tama, buka Mikrotik OS kalian dan login.

Berhubung mikrotiknya masih baru, diberi nama saja dahulu. Caranya, ketikkan 'system identity set name="NAMA ROUTER" '.

Sekarang, cek interface apa saja yang telah tersedia di Mikrotik. memang kita harus mengesetnya melalui virtual machine kita terlebih dahulu (baca posting terdahulu). Sekarang saya sudah menambahkan satu koneksi 'host only' di Virtualbox saya. untuk mengecek apakah Mikrotik telah mendeteksinya, ketikkan 'interface print'
Terlihat bahwa mikrotik memiliki satu interface ethernet bernama 'ether1'

sekarang cek alamat IP mikrotik, ketikkan 'ip address print'
Ternyata masih kosong...

Sekarang interface 'ether1' akan saya beri IP 192.168.56.2 dengan subnet 255.255.255.0 (/24). Maka perintahnya 'ip address add address=192.168.56.2/24 interface=ether1

Ok, sekarang cek dengan ip address print lagi...

Sekarang, karena IP Mikrotik sudah di set ke 192.168.56.2, kita buat koneksi 'Virtualbox Host Only' di PC Host memiliki IP dengan network yang sama. Saya akan mengesetnya dengan IP 192.168.56.1.

Mau coba cek? ping ip mikrotik (192.168.56.2) dari Host melalui fasilitas run di windows.

Pastikan sudah reply seperti ini...


Sekarang, cek mikrotiknya. Ping alamat host. ketikkan ping 192.168.56.1 dan enter. Sekedar tips, matikan firewall windows (host) apabila satu atau kedua pihak tidak mau me-reply ping. 


Nah, apa sih kegunaan kita menghubungkan mikrotik ini? jawabannya supaya kita bisa membangun jaringan virtual untuk percobaan selanjutnya. Yang namanya jaringan komputer pasti terdiri dari lebih dari satu alat. terlebih lagi dengan menghubungkan mikrotik ke PC lain, kita dapat mengkonfigurasi mikrotik secara GUI. Caranya dapat melalui WinBox atau web browser biasa. ketikkan alamat ip mikrotik di address dan voilla... Konfigurasi akan lebih gampang.