Kenapa blog di hapus dan apa penyebabnya


blog-di-hapus-dan-penyebabnya

Apakah anda pernah mengalami kejadian yang tidak terduga, kenapa blog dihapus? jika ya, mungkin ini postingan yang tepat untuk anda membacanya. Judul posting ini sengaja dibuat berdasarkan pengalaman admin beberapa waktu yang lalu ketika blog ini dihapus tanpa admin ketahui setelah ingin membuka salah satu judul posting pada blog, ternyata blog telah dihapus dan muncul pemberitahuan bahwa :

Maaf, blog di http://alamatblog.blogspot.com telah dihapus. Alamat ini tidak tersedia untuk blog baru.

Tadinya saya pikir, apakah saya sendiri yang salah menghapus dengan tidak sengaja atau tanpa disadari? ternyata tidak, blog saya telah dihapus oleh blogger sendiri. Karena jika anda menemukan pesan seperti diatas, itu bisa jadi blog dihapus oleh admindan dihapus oleh pihak blogger. Jika kita dengan sengaja menghapusnya masih diberi tenggang waktu 90 hari untuk dikembalikan lagi, namun blog yang dihapus oleh pihak blogger kadang bisa kembali dan kadang hanyut selamanya.

Hal tersebut tentu sangat erat kaitannya setelah google mengupdate algoritma terbaru ditahun 2013 yaitu google penguin dan google panda, google begitu ketat dalam menilai blog-blog yang pantas untuk diberi peringatan atau lansung dihapus selamanya tanpa basa-basi sampai blog tersebut tidak akan dapat digunakan kembali.

Kejadian seperti ini sungguh mencemaskan pengguna blog, jika dikemudian hari blog dihapus tanpa kompromi dan lebih fatal lagi blog tidak bisa digunakan kembali, betapa sayangnya dengan ribuan postingan yang telah kita buat selama bertahun-tahun, maka akan sia-sia begitu saja.

Dari hal yang dimaksud mungkin judul diatas anda baru mendengarnya dan juga menurut anda tidak pernah terbayangkan, tetapi jangan salah karena kejadian ini bukan saya sendiri yang mengalaminya. Sudah banyak blog yang dihapus, termasuk blog milik master yang sudah cukup terkenal khususnya diindonesia.

Dan mereka termasuk saya sendiri mengakui bahwa jika yang diinginkan google demikian, maka kita tidak bisa merubah kemauan mesin google dalam memberikan peringatan bagi blog kita. Walaupun kita ketahui blog dapat digunakan oleh siapa saja dan tentu gratis, namun ternyata google memiliki aturan main tersendiri, sehingga tidak boleh menganggap aturan tersebut untuk tidak dipatuhi dan seenaknya kita melanggar aturan yang dimaksud.

Kejadian ini kira-kira sebelum tanggal 10 januari 2013, karena bingung dan bukan panik sayapun tidak konsentrasi pada tanggal kejadian. Dengan rasa percaya diri langkah demi langkah yang telah ditentukan google untuk verifikasi alamat blog menggunakan No Hanphone dan kira-kira tidak sampai 15 menit blog dapat kembali normal dan atau diakses setelah menerima sms dari google untuk diverifikasi.

Selanjutnya cari tahu alasan yang tepat kenapa blog bisa dihapus? dan hasil kutipan lansung dari Kebijakan Konten Blogger Seperti dibawah ini :

1. Materi Khusus Dewasa.
2. Keamanan anak.
3. Perkataan yang mendorong kebencian.
4. Konten Kasar.
5. Kekerasan.
6. Hak cipta.
7. Informasi pribadi dan rahasia.
8. Meniru identitas orang lain.
9. Kegiatan ilegal.
10. Spam.
11. Perangkat lunak jahat dan virus.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda berkunjung pada alamat berikuthttp://www.blogger.com/content.g?hl=id.

Dari sebelas point diatas semua sudah sangat jelas, jika kita melanggar salah satuaturan menurut Kebijakan Konten Blogger. Tetapi dari sekian yang tertulis saya sendiri kadang bingung, kira-kira dimana kesalahan yang sebenarnya. Dari rasa ketidakpuasan tersebut dan setelah saya sedikit paham mungkin diantara salah satu yang saya terapkan pada blog ini melakukan (link masuk) dan (link keluar) yang tidak relevan, sehingga google menganggap itu adalah kegiatan SPAM.

Tentu saja ini bisa terjadi, dimana yang pernah saya baca bahwa link keluar lebih banyak di bandingkan link masuk akan dianggap spam oleh mesin dan kemudian mungkin diantara semua link yang saya letakkan diblog yang mengarah ke website-website besar tidaklah relevan seperti yang dijelaskan pada beberapa point diatas, sudah pasti apabila google tidak menyukai cara tersebut, maka kita tidak bisa melanggar aturan main google.

Saya berikan contoh sederhana, ketika anda membuat posting anda mengajak orang lain untuk mengklik link yang ada dihalaman posting sebagai tempat menghasilkan uang dari internet, kemudian tanpa anda jelaskan secara detail mengklik link yang mengarah pada website-website tertentu, ternyata website yang dimaksud sudah banyak menipu pengguna internet. Itu bisa jadi anda dianggap melakukan kegiatan SPAM, karena tujuan anda hanya mempromisi tanpa memikirkan akibat bagi orang lain.  Ini baru satu yang saya berikan sebagai contoh dan sudah pasti masih banyak faktor lain.
Kemudian saya menyadari juga, ada beberapa judul posting yang pernah saya terbitkan sudah tidak berlaku lagi untuk diterapkan oleh sebagian pengguna internet, artinya judul yang dimaksud dan yang saya berikan sama saja menipu pengunjung saat membaca dan mencari sebagian informasi tentang tips dan trik yang pernah saya tulis, sehingga ada beberapa judul posting kotak komentar telah saya tutup dan perlu diperbarui kembali dengan yang baru.

Namun perlu juga anda ketahui blog dihapus, mungkin saja bisa terjadi keranakesalahan mesin pendeteksi spam milik google dan perlu dimaklumi tidak selamanya cara kerja mesin selalu benar. Ya sudah jelas, mungkin terjadi kekeliruan saat mesin mendeteksi blog kita yang dianggap sebagai spam, namanya juga mesin, bukankah begitu?
 
Penyebab lain saya masih belum tahu alasan yang tepat sampai blog ini dihapus, oleh karena itu mohon pendapat anda semua dalam menanggapi hal tersebut apabila anda lebih banyak tahu. Jujur saya membuat konten yang ada diblog ini hanya sebagai informasi yang saya ketahui untuk disampaikan kepada mereka yang belum tahu. Karena tujuan utama saya membuat blog untuk membagi ilmu dan menambah wawasan saya dalam dunia internet.

Sekian dan terima Kasih…
Salam.